Langkah Mudah untuk Membuat Nasi Kuning Bakar Anti Gagal

Nasi Kuning Bakar

Anda sedang mencari ide Cara Gampang Membuat Nasi Kuning Bakar yang Bikin Ngiler yang unik?, Cara Gampang Membuat Nasi Kuning Bakar yang Lezat Sekali memang saat ini sedang banyak dicari oleh pengguna disekitar kita mungkin salah satunya Anda. paara ibu-ibu muda memang sudah terbiasa menggunakan internet di ponsel untuk mendapatkan informasi gambar untuk dijadikan contoh. Dipostingan Kali ini saya akan sharing panduan cara menyajikan Resep Nasi Kuning Bakar, Lezat untuk membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal Nasi Kuning Bakar yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Nasi Kuning Bakar, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan Nasi Kuning Bakar enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial. Next adalah gambar tentang Nasi Kuning Bakar yang dapat kamu jadikan contoh.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Nasi Kuning Bakar adalah 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah Nasi Kuning Bakar yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi Kuning Bakar memakai 27 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bismillah...
Assalamualaikum semua...
Kemarin saya bikin nasi kuning, tapi karena bosen dimakan begitu2 aja, akhirnya kepikiran buat dibakar, rasanya itu lebih gurih daripada cuma dimakan versi biasa.

Note:
Untuk membungkus, gunakan daun pisang yang agak muda agar tidak mudah sobek.

#PejuangGoldenApron3
#week6

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Nasi Kuning Bakar:

  1. 250 gr beras pulen
  2. 500 ml santan (dari 1/2 butir kelapa)
  3. 1 batang serai, geprek
  4. 1 ruas jari lengkuas, geprek
  5. 1 lembar daun pandan
  6. 2 lembar daun salam
  7. 3 lembar daun jeruk
  8. 1 sdt perasan jeruk nipis
  9. 1 sdt garam
  10. 2 ruas jari kunyit
  11. Daun pisang untuk membungkus
  12. Lidi untuk menyemat daun
  13. Ayam suwir:
  14. 300 gr daging ayam
  15. 1 batang serai, geprek
  16. 1 ruas jari lengkuas, geprek
  17. 2 lembar daun salam
  18. 3 lembar daun jeruk
  19. 1 sdm kecap manis
  20. 1/2 sdt garam
  21. 1/2 sdt gula
  22. Bumbu halus ayam suwir:
  23. 7 buah cabe merah keriting
  24. 3 buah cabe rawit
  25. 3 butir bawang merah
  26. 1 siung bawang putih
  27. 1 buah tomat sedang

Cara untuk membuat Nasi Kuning Bakar

  1. Blender kunyit dan sedikit santan, kemudian saring dan sisihkan. Cuci beras sampai bersih, masukkan serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk, perasan jeruk nipis, garam dan santan
  2. Kemudian tambahkan kunyit tadi, aduk sampai kunyit dan santan menyatu dan bewarna kuning, masak nasi sampai matang menggunakan rice cooker.
  3. Sambil menunggu nasi matang, siapkan ayam, beri garam dan perasan jeruk nipis, rebus sampai empuk kemudian suwir-suwir
  4. Haluskan bumbu ayam suwir. Kemudian tumis bumbu halus bersama lengkuas, daun jeruk dan daun salam. Setelah harum masukkan ayam, garam, gula dan kecap.
    Masak sampai bumbu menyusut sambil diaduk sesekali.
  5. Ambil dua lembar daun pisang, timpa keduanya, letakkan nasi (kira2 1 sendok nasi), tambahkan ayam suwir dan tutup ayam suwir dengan nasi lagi (ayamnya ada ditengah2), rapikan nasi dan bungkus memanjang, sematkan lidi dikeduanya ujungnya, lakukan sampai habis
  6. Bakar nasi menggunakan teflon dengan api kecil sampai daunnya agak kecoklatan, tapi jangan terlalu lama karena nasi akan kering. Sajikan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Nasi Kuning Bakar yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel